10 Tips Tingkatkan Memory Otak !

FAKTOR umur bukan menjadi penyebab seseorang menjadi pelupa. Bisa jadi itu karena otak mengalami kelelahan dan mengalami overload karena dipaksa bekerja dari waktu ke waktu. Agar hal ini tidak terjadi, dan otak Anda mampu berfungsi secara maksimal, ada baiknya mengikuti kiat san tips yang diberikan Dominic O’Brien, juara,dunia delapan untuk kategori mengingat. Berikut tips sederhana yang diberikannya untuk meingkatkan kerja memori otak.

1. Biasakan Selalu Mengingat Berdasarkan Huruf Pergunakan teknik ini untuk mengingat apapun. Saat anda harus mengingat apa saja yang harus Anda kerjakan, coba mulai dengan mengingat huruf kegiatan yang akan Anda lakukan. Contohnya: jika Anda harus membeli susu, keju, telur, dan roti di pasar swalayan, fokus dengan huruf SKTR. Hafalkan dan ingat terus ketika Anda akan berbelanja.

2. Biasakan Menulis Jika tidak mampu mengingat, coba dengan menuliskannya di kertas. Tulisan sederhana di secarik kertas, biasanya membantu Anda mengingat akan apa yang harus Anda kerjakan. Jika tidak memiliki secarik kertas dan pulpen, coba gunakan fungsi pengingat di ponsel yang Anda miliki.

3. Latih Daya Pikir Tetap fungsikan kerja otak Anda dengan melakukan kegiatan yang bersifat melatih mental dan kata-kata. Seperti mengisi TTS atau bermain dengan puzzle . Bisa juga Anda mulai dengan membuat paper dari kerats koran yang telah Anda baca di pagi hari. Atau latih kerja otak Anda dengan melakukan sejumlah pertanyaan setiap hari.

4. Bayangkan Anda Memiliki Ingatan Baik Untuk melatih daya ingat, sangat membantu dengan bermain imajinasi. Misalnya dengan membuat daftar belanjaan dalam bentuk imajinasi nakal. Misalnya jika Anda mau beli jeruk, bayangkan jeruk itu sebagai miniatur matahari di langit.

5. Ucapkan dengan Keras Tips ini untuk Anda yang suka lupa terhadap nama orang. Katakan dengan keras mengenai diri orang itu sebanyak tiga kali saat Anda akan melakukan sesuatu hal. Misalnya: saat Anda akan meletakkan kunci, katakan, sebut nama orang itu tiga kali.

6. Tantang Kemampuan Otak Ini lebih kepada kebiasaan yang rutin dilakukan sehari-hari. Jika Anda terbiasa menyikat gigi atau menyisir rambut dengan tangan kanan. Coba ubah dengan tangan kiri. Karena kebiasaan ini akan melatih otak Anda mengubah kebiasaan.

7. Jangan Lupa Suplemen Otak Makanan yang mengandung banyak antioksidan, vitamin A, C dan E sangat membantu memberikan kesehatan fungsi otak dan memori. Seperti dalam sayuran atau buah yang berwarna, semisal pisang, cabe merah, bayam, dan jeruk. Antioksidan juga membantu tubuh membersihkan efek radikal bebas yang merusak sistem sel di otak dan beberapa bagian tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan minyak ikan yang didapat dari ikan mackerel, sardines dan tuna kaya akan Omega 3 dan 6 , serta beta karoten.

8. Biasakan Mengeja dari A-Z Semisal dengan nomor pin. Jika biasanya dilakukan dengan angka, coba ganti dengan huruf. Coba visualisasikan dalam bentuk huruf dari A-Z.

9. Kondisi Badan Harus Tetap Sehat Satu fakta penting yang harus disadari untuk meningkatkan memori dan kerja otak, lakukan kegiatan olahraga. Karena olahraga mampu memperlancar peredaran darah dan ini membantu meningkatkan kadar oksigen yang dibutuhkan dalam neuron atau otak. Cukup dengan melakukan jalan santai selama 20 menit, itu sudah membantu memperlancar peredaran darah.

10. Konsumsi Herbal Dari beberapa penelitian terbukti, mengkonsumsi ginkgo biloba dapat membantu mengingat jangka pendek. Jika secara rutin dilakukan akan mempermudah serta membantu memori kerja otak. Konsumsi herbal lain pun sangat membantu untuk meningkatkan kerja otak. [mor]

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Tips Tingkatkan Memory Otak !"

Post a Comment