Langkah membuat CV yang Baik



Curriculum Vitae (CV) atau Resume atau Daftar Riwayat Hidup adalah gambaran diri Anda yang sesungguhnya. Memiliki CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan idaman Anda. Bagaimana cara membuat CV yang efektif dan menarik?


Berikut Tips Untuk Membuat CV yang Baik :
  • Sederhana !

Biasanya CV sebaiknya tidak lebih dari dua halaman - dan itu dua halaman kertas A4, karena Pengusaha , rata-rata hanya menghabikan 8 detik melihat salah satu CV, dan sertakan  detail-detail kecil tentang anda untuk wawancara.

  • Penggunaan Bahasa

Gunakan bahasa yang sopan , yang mudah dipahami dan jangan menggunakan kata-kata yang berkesan menyombongkan diri anda. 

  • Sertakan alasan

Jangan hanya berasumsi Pimpinan perusahaan  akan melihat bagaimana pengalaman Anda berkaitan dengan pekerjaan mereka. Sebaliknya, gunakan pernyataan pribadi singkat untuk menjelaskan mengapa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu. Ini harus tercermin dalam surat lamaran Anda.

  • Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya. Sangatlah penting bagi Anda untuk selalu mencantumkan nomor kontak atau email Anda karena itu adalah satu-satunya cara perusahaan yang merekrut bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
  • Pendidikan
Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti.
  • Pengalaman Kerja
Bagian ini merupakan bagian yang paling sering diperhatikan oleh perusahaan yang merekrut.
Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas.  Oleh karena itu Anda harus menjelaskan secara detail apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan tempat kerja sebelumnya, posisi Anda, dan pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari.
  •  Keterampilan Yang Dimiliki
Dalam CV Anda, ada kalanya Anda perlu menjelaskan keterampilan apa saja yang Anda miliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Sebisa mungkin hindari penulisan keterampilan seperti : mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga melakinkukan hal yang sama. Mungkin dalam bagian ini Anda bisa menambahkan keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari sau bahasa atau keterampilan dalam menggunakan applikasi-aplikasi computer.
  • Prestasi
Ini adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu. Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan
  •  Jujur 
Hal ini sangat penting dengan menuliskan semua yang ada di CV secara jujur, supaya ketika kita di wawancara kita bisa membuktikan itu dan ketika diterima kerja kita benar-benar bisa melakukan pekerjaan itu dengan baik. 




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Langkah membuat CV yang Baik"

Post a Comment