TIDUR ADALAH KEMATIAN KECIL

Siapa yang tahu do’a ketika bangun tidur? Berikut ini do’anya

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur
Artinya: "Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan."


Jadi saya akan memberitahu anda apa yang terjadi ketika anda bangun tidur pagi ini. Setiap dari kita dalam keadaan mati ketika tidur. Kenapa Allah menghidupkan anda setelah mematikan anda? Dalam surat Az-Zumar, Allah berfirman:

Allah memegang nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur; maka Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir.” (Qs. Az-Zumar [39]: 42)

Saya bertanya pada anda saudaraku. Apakah Allah memberi anda kehidupan pagi ini karena Dia butuh agar anda pergi kerja? Apakah Allah memberi anda kehidupan hari ini sehingga anda bisa mengantar anak-anak ke sekolah? Atau apakah Allah memberi anda kehidupan sehingga anda dapat berbelanja ke pasar untuk istri anda? Apakah Allah memberi anda kehidupan sehingga anda bisa mengumpulkan lebih banyak uang, atau membeli rumah yang lebih besar, atau mungkin membeli mobil?

Kenapa Allah memberi anda kehidupan setelah mematikan anda? Anda tahu saudaraku, seberapa sering kita merenung dan bertanya “Apa tujuan dari hidupku? Ya Allah, apa yang Kau inginkan dariku? Kenapa kau memberiku kehidupan, setelahnya kematian, setelahnya kehidupan, setelahnya kematian, dan seterusnya?” Kemudian akan datang waktu dimana hanya akan ada kematian.

Orang-orang berkata bahwa tidur adalah kematian kecil, dan kematian adalah tidur yang besar. Apa yang Allah inginkan dari kita sehingga dia menghidupkan dan mematikan kita setiap harinya? Allah berfirman dalam sebuah ayat yang menjelaskan semuanya:

Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (Qs. adz-Dzariyat[51]: 56)

Allah menciptakan kita untuk beribadah saudaraku. Allah menciptakan kita untuk mengenal-Nya, berdzikir kepada-Nya, shalat kepada-Nya, memahami-Nya, memuji-Nya, menyembah-Nya, dan menyerukan orang lain untuk mendekat kepada-Nya. Inilah mengapa Allah memberi kita kehidupan pagi ini setelah Dia mematikan kita.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TIDUR ADALAH KEMATIAN KECIL"

Post a Comment